Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda di Bireuen

Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda di Bireuen

Seratus peserta terdiri dari unsur Kepemudaan, pelajar dan mahasiswa mengikuti Kegiatan Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba di kalangan Generasi Muda di Bireuen.

Kegiatan dengan tema Ayooo Pemuda Perangi Narkoba di Bumoe Serambi Aceh digelar oleh Disdikpora Aceh bersama Disdikpora Bireuen.

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos dalam hal ini diwakili Kepala Kantor Kesbangpol Bireuen, Zaldi. AP, S.Sos, berlangsung di Aula Setdakab Lama, Sabtu (23/11/2019).

Pada kesempatan itu Zaldi membacakan sambutan tertulis Bupati Bireuen, dalam sambutannya disampaikan, Propinsi Aceh selama ini dikenal sebagai salah satu provinsi penghasil tanaman narkotika jenis ganja yang dikenal mendunia.

Tahun 2016 adalah tahun terluas penyitaan ganja oleh Polda Aceh dan BNN seluas 482 hektar sebagai hasil penyitaan lahan terluas sepanjang sejarah Indonesia.

Dijelaskan, Kultivasi ganja telah merambah ke seluruh indonesia dari perbatasan Aceh-Sumatera Utara hingga perbatasan Papua, Papua Nugini baik pola indoor maupun outdoor

Dampak Kultivasi ganja dan peredaran gelap ganja juga menumbuhkan kampung rawa narkoba dan kerusakan terus kerusakan lingkungan sekitar hutan akibat penebangan liar untuk penanaman ganja

“Kedaruratan narkoba di Indonesia ditunjukkan dengan angka kejahatan narkotika dan korban penyalahgunaan narkoba yang terus meningkat.Bahkan tidak ada satu kawasan pun di Indonesia yang bersih dan bebas narkoba, sindikasi narkotika terus menciptakan pangsa pasar dari mulai kawasan pesisir, jalur-jalur sungai, perkotaan, perdesaan hingga kawasan perbatasan wilayah negara,” jelasnya.

Untuk itu Pemerintah Aceh bersama Pemerintah Kabupaten/Kota pada beberapa tahun terakhir turut mengambil bagian dalam Kampanye Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba melalui kegiatan Penyuluhan Pencegahan Penggunaan di kalangan generasi muda.

“Pada tahun anggaran 2019 Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam upaya turut membentuk postur pemuda Aceh hebat yang bebas bahaya Destruktif dan anti narkoba, melaksanakan kegiatan penyuluhan pencegahan penggunaan narkoba di kalangan generasi muda di kabupaten Bireuen,” ujar Zaldi.

Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda di Bireuen
Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda di Bireuen

Sebelumnya Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar S.Sos mengharapkan, para pemuda bebas dari terpengaruh pengunaan narkoba yang bisa berakibat.

“Pemuda adalah generasi penurus harapan bangsa dan negara, untuk itu jauhkan diri dari segala bentuk jenis narkoba.

Kegiatan ini dihadiri antara lain, unsur Forkopimda, Dispora Aceh, Disdikpora Bireuen, Ormas Kepemudaan dan Undangan lainnya.

One thought on “Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda di Bireuen”

  1. Mudah mudahan dengan di adakannya sosialisasi dan atau penyuluhan ini mampu menekan penyebaran pemakaian narkoba di masyarakat hususnya anak muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *