Pengantar Redaksi

Kabupaten Bireuen

Salam Kebangsaan..!

Pembangunan di bidang kesatuan bangsa dan politik merupakan salah satu aspek dari pembangunan nasional, bertujuan memperkokoh kesatuan dan persatuan nasional serta stabilitas politik dalam negeri. Pembangunan bidang tersebut dilandasi oleh semangat dan nilai nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pengembangan sistem politik yang demokratis dan berkedaulatan rakyat. Dalam rangka melaksanakan penyelenggaraan program dan kegiatan pembangunan tersebut secara cermat, tepat, dan akurat maka diperlukan adanya suatu perencanaan yang baik.

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bireuen didirikan berdasarkan Qanun Kabupaten Bireuen Nomor 09 tahun 2012 tanggal 19 Nopember 2012 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bireuen. Sampai dengan saat ini Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik telah banyak melakukan tugas-tugas dan memberikan konstribusi yang sangat berharga kepada Pemerintah Daerah dalam mengambil keputusan terutama yang menyangkut dengan bidang tugas serta berbagai aspek tata kehidupan masyarakat dengan segala dimensinya di Kabupaten Bireuen. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bireuen tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dituntut keberhasilannya tidak hanya dari segi pengembangan program/kegiatan yang dijalankan, namun juga harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Oleh karena itu dalam rangka mensinergikan program dan kegiatan pembagunan di bidang kesatuan bangsa dan politiktelah disusun sebuah Rencana Strategis (Renstra) untuk pembangunan lima tahun ke depan (2018-2022). Penyusunan Renstra Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bireuen ini merupakan salah satu bentuk upaya implementasi visi Bupati Bireuen yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) 2017-2022, yaitu: “Terwujudnya Pembangunan Kabupaten Bireuen Yang Adil, Makmur, Aman, Damai dan Sejahtera Berlandaskan Syariat Islam”, serta pokok-pokok pikiran misi pembangunan Kabupaten  Bireuen, terutama misi ke 7, yaitu:

Meningkatkan Keamanan, Kedamaian dan Perlindungan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat dengan Mengutamakan Musyawarah dan Mufakat.

            Di samping itu, agar penyelenggaraan pembangunan bidang kesatuan bangsa dan politik di Kabupaten Bireuen dapat bersinergi dengan penyelenggaraan pembangunan nasional, penyusunan Renstra Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik selain mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) 2017-2022, juga mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Bireuen Tahun 2005-2025, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional serta Rencana Strategis Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.