Kesbangpol Gelar Koordinasi Forum Diskusi Politik 2019

Kesbangpol Gelar Koordinasi Forum Diskusi Politik 2019

Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Bireuen gelar acara Koordinasi Forum-Forum Diskusi Politik Tahun 2019.

Kegiatan dengan tema Optimalisasi Peran dan Fungsi Partai Politik di Kabupaten Bireuen Tahun 2019 ini,  dibuka secara resmi oleh Bupati Bireuen diwakili  Staf Ahli Husaini SH, MM, di Oproom Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Bireuen, Rabu (17/7/2019).

Pada kesempatan itu dalam sambutanya, Husaini mengatakan, perserikatan dan perkumpulan dengan nama apapun merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota dalam mewujudkan cita-cita bersama dari anggotanya dan pada akhirnya bermuara pada cita-cita nasional, sebagai sarana penyalur aspirasi dan komunikasi timbal balik antar anggota dan atau antar organisasi.

Maka perserikatan dan perkumpulan adalah mitra yang sejajar dengan pemerintah dalam melaksanakan pembinaan kemasyarakatan.

Peran Partai Politik selama ini dirasakan sangat efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat karena hidup dan tumbuh dalam dan bersama-sama masyarakat.

Disisi lain pemerintah bertugas melakukan pembinaan dan memberikan dorongan pengayoman dalam rangka menumbuhkan organisasi yang sehat dan mandiri sehingga organisasi dapat menggerakkan kreatifltas dan aktifitasnya secara positif.

Pihaknya sangat mengharapkan kepada seluruh komponen masyarakat,  harus mampu meraih kemajuan tanpa mengorbankan martabat dan harga diri.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan dapat membangun kehidupan berorganisasi, bermasyarakat yang lebih baik serta bermanfaat untuk pembangunan dan kemajuan Kabupaten Bireuen,” ujar Husaini.

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Bireuen, Zaldi AP S.Sos melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan satu hari penuh (17/7/2019) di Oproom Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Diikuti 40 orang peserta terdiri dari Partai Politik yang memperoleh kursi di DPRK Bireuen, terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara serta tiga orang sebagai pemateri dari Pemerintahah Kabupaten Bireuen dan KIP Bireuen.

Materi yang disampaikan, yaitu penguatan peran partai politik dalam peningkatan partisipasi politik masyarakat, kemudian materi Peran penting pemerintah dalam menjaga demokrasi pasca pemilihsn umum Presiden/Wakil Presiden dan pemilu legislatif 2019 di Kabupaten Bireuen serta materi Penguatan demokrasi pasca pemilihan umum Presiden/Wakil Presiden dan pemilu legislatif 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *